Saturday, June 8, 2013

Motivasi Menjadi Teknisi Elektronika Handal


Menjadi seorang teknisi yang mahir dalam bidang ilmu elektronika akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi siapapun yang menguasai skil ini. Bagaimana tidak, bisa dibayangkan saat anda mampu menguasai skil ini, anda akan menjadi teknisi yang paling dicari dan dibutuhkan. Teknisi Elektronika adalah teknisi yang paling dibutuhkan, kenapa ? Karena bicara tentang elektronika berarti kita sedang membicarakan satu hal yang paling vital dan paling mendasar dalam dunia teknologi. Bisa dikatakan bahwa ilmu elektronika adalah nyawanya teknologi, ilmu ini mempelajari total tentang alat listrik dan arus yang beroperasi.




Dalam ilmu elektronika terbaru juga akan banyak membahas dan mempelajari mekanisme beragam aliran elektron ataupun partikel - partikel yang bermuatan listrik didalam suatu alat seperti komputer. Bagaimana bangganya jika anda paham mekanisme dan sistem kerja aliran elektron yang berjalan dalam motherboar komputer, saya rasa anda akan berfikir menjadi pengusaha teknisi yang handal. Tidak diragukan lagi anda juga perlahan akan mampu merakit dan membuat alat elektronik seperti komputer.



Ilmu Elektronika pada dasarnya adalah cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/teknik elektronika dan instrumentasi. Jangan anda bayangka bahwa yang hanya bisa menguasai ilmu elektronika dan yang mampu mendesign sirkuitnya hanyalah, mereka - mereka yang kuliah dan mengenyam pendidikan dijurusan elektro atau mesin saja. Berfikirlah bahwa anda juga mampu untuk menguasai skil ilmu elektronika ini.

Saya percaya, jika semangat anda besar, dan kesungguhan anda juga mantap. Tidak ada alasan anda tidak bisa, semua disiplin ilmu itu pasti bisa anda kuasai dengan syarat, anda punya tekad yang sangat kuat untuk memilikinya. Mimpikanlah yang besar, mimpikanlah sebuah usaha yang besar dan mapan, saat anda bisa menguasai ilmu elektronika. Anda akan sukses menjadi seorang teknisi elektronika, dan kelak akan menjadi teknisi yang paling dibutuhkan.

Tidak ada ruginya, anda mampu menguasai seluruh rangkaian dan ilmu elektronika. Karena semakin banyak yang mampu menguasai ilmu ini, maka bangsa ini pun akan jauh semakin baik dan lincah dalam memproduksi serta mengembangkan sektor industi teknologi dimasa yang akan datang. Mari tumbuhkan semangat dan rasa percaya diri, bahwa anda juga mampu menjadi teknator handal. Khususnya dibidang elektronika dan pada umumnya dibidang ilmu komputer.

Untuk lebih mengenal dan membuat anda lebih paham serta tertarik dalam memiliki dan menguasai ilmu ini, berikut saya akan berikan gambaran serta kisi - kisi dalam membedah ilmu teknisi elektronika. Berikut ini penjelasan singkat tapi menarik dan menginspirasi akan segera anda baca. Anda akan mengenal lebih jauh dan lebih jelas, apa itu ilmu elektronika, dan apa - apa saja yang akan diceritakan dalam disiplin ilmu ini.

Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini disebut sebagai peralatan elektronik (electronic devices). Contoh peralatan (piranti) elektronik ini: Tabung Sinar Katode (Cathode Ray Tube, CRT), radio, TV, perekam kaset, perekam kaset video (VCR), perekam VCD, perekam DVD, kamera video,kamera digital, komputer pribadi desk-top, komputer Laptop, PDA (komputer saku), robot, smart card, dll.

Saya pribadi telah merasakan kejutan dan manfaatnya dari menguasai ilmu skil teknisi dibidang elektronika ini. Saya juga berharap anda para pembaca juga bisa paham dan mengerti, dalam ilmu ini. Sehingga banyak peluang usaha yang bisa anda bangun dan anda kelola. Dengan memiliki skil ilmu elektronika ini, dijamin anda akan jauh lebih percaya diri berbicara teknologi.

Inilah terobosan terbaru dari sayai, panduan teknisi elektronika yang akan menuntun anda mahir dan bisa, menguasai ilmu elektronika. Seluruh sajian dan rangkaian dari isi buku ini, sudah sangat jelas dan lengkap. Selamat memiliki dan mempelajari buku panduan ini. Panduan Teknisi Elektronika. Panduan Teknisi Elektronika adalah ebook yang membahas mengenai elektronika dasar. Sebenarnya saya sudah berhenti mengerjakan proyek-proyek elektronika sejak tahun 2007 dan berpindah ke hardware komputer. Solder, obeng, tang dan tegangan tinggi TV saya tinggalkan dan beralih ke tegangan 3 dan 5 Volt komputer.

Namun karena desakan beberapa pembeli, maka akhirnya saya kembali lagi kedunia lama saya ini tetapi dalam bentuk tulisan dalam ebook. Ebook ini tidak membahas teori secara mendalam tetapi lebih ditujukan pada petunjuk praktis sebagai pedoman kerja calon teknisi. Hal ini disebabkan karena latar belakang saya yang autodidak tentang keterampilan elektronika.

E BOOK Panduan Teknisi Elektronika yang akan segera anda miliki ini, akan membahas tentang :

CHAPTER 1 KONSEP DASAR ELEKTRONIKA

1. Apa Itu Elektronik?
2. Kelistrikan
3. Muatan Listrik
4. Tegangan Listrik
5. Arus Listrik
6. Hubungan Tegangan dan Arus Listrik
7. Hambatan Dan Konduktansi
8. Power Atau Daya
9. Simbol-Simbol Pada Skematik Dan PCB


CHAPTER 2 MENGENAL, KOMPONEN ELEKTRONIKA

1. Active Electronic Component

2. Passive Electronic Components

3. Surface-Mount Technology (SMT)

4. Komponen Resistor

5. Komponen Kapasitor/Kondensator

6. Komponen Sekering (Fuse)

7. Komponen Induktor/ Coil/Choke
8. Komponen Switch
9. Komponen Crystal
10. Komponen Elektronika Dioda
11. Transistor
12. Transformer/ Transformator
13. Komponen Integrated Circuit (IC)

CHAPTER 3 NILAI DAN TES KOMPONEN ELEKTRONIKA

1. Multimeter Dan Cara Menggunakan
2. Tes Komponen Resistor
3. Tes Komponen Koondensatator
4. Tes Komponen Dioda
5. Tes Komponen LED
6. Tes Komponen Fuse/Sekering
7. Tes Komponen Transistor
8. Tes Komponen Trafo


CHAPTER 4 RANGKAIAN DASAR ELEKTRONIKA


1. Apa Itu Rangkaian Elektronika

2. Rangkaian Seri


3. Rangkaian Power Supply (Adaptor) Dan Cara Kerja

4. Rangkaian Operational Amplifier (Op-Amp)

5. Rangkaian Amplifier

6. Kelas-kelas Dalam Pengelompokan Amplifier

7. Rangkaian Power Amplifier (Power-Amp)
8. Tone Control dan Equalizer

CHAPTER 5 MEMAHAMI PRINTED CIRCUIT BOARD (PCB)

1. Printed Circuit Board (PCB)
2. Single Side, Double Side Dan Multi Layer PCB
3. Klasifikasi PCB
4. Multiwire boards PCB
5. Through-Hole Technology PCB
6. Surface-Mount Technology
7. Mendesain PCB
CHAPTER 6 PERALATAN KERJA TEKNISI ELEKTRONIKA



1. Peralatan Kerja Standar

2. Cara Menggunakan Soldering Iron


CHAPTER 7 BELAJAR TROBLESHOOTING PERANGKAT ELEKTRONIKA


1. Persiapan Kerja

2. Motode Dasar Trobleshooting

3. Troubleshooting dengan menggunakan Diagram Schematics



CHAPTER 8 MENGGANTI KOMPONEN ELEKTRONIKA
1. Mengganti Kapasitor
2. Mengganti Transistor
3. Mengganti IC


Anda jangan khawatir, karena anda bisa segera memiliki E Book Panduan Lengkap Elektronika ini. Dengan cara segera klik link dibawah, selamat mengambil jutaan ilmu dan manfaat dari E Book ini. 

Tawaran penting khusus untuk anda, Kami memiliki 22 E Book yang membahas tuntas mengenai komputer/laptop terbaru dan segala jenisnya, lengkap dengan tutorial dan seluruh materi. Dengan Paket DISKONKesemua E Book ini bisa anda miliki dengan hanya membayar Rp. 197.000,- untuk 22 E Book. Tidak hanya itu, kami akan terus memperbaharui E Book kami, dan setiap E Book baru yang diterbitkan. Anda akan mendapatkannya GRATISS. Bayar Sekali, Download Berkali - kali. 

Kami Master Teknisi Komputer Indonesia, bekerja sama dengan 2 toko online komputer terbesar dan terpercaya di indonesia. Yaitu DPC World & Qbonk, mengucapkan Selamat mengambil jutaan manfaat !

 Miliki E BOOK Panduan Lengkapnya dengan cara Klik Disini 
>> PANDUAN LENGKAP TEKNISI ELEKTRONIKA.



Sahabat pembaca semuanya, buku ini ditulis khusus untuk menjadikan anda teknisi yang sangat handal dibidang ilmu teknisi elektronika. Selamat Mendapatkan ilmu baru, selamat mendapatkan skil baru, dan selamat membuat kejutan baru dalam hidup anda. Dengan mempelajari ilmu teknisi elektronika, Good Luck sahabatku. Salam Master Teknisi Indonesia 
(Azza Aprisaufa)

1 comments:

tohar bpz said...

nice post

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Hak Cipta © 2013. MASTER TEKNISI ONLINE INDONESIA - Azza Aprisaufa Belajar Motivasi Indonesia by saufa